Sistem INFORMASI psikologi

Standar

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

A. Pengertian Sistem

Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani sustema adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi , materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Pengertian sistem menurut beberapa ahli :

  1. Menurut Richardus Eko Indrajit (1999) kata sistem mengandung arti kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dan yang lainnya.
  2. Menurut Blanchard (2000) mendefinisikan sistem sebagai sekumpulan dari elemen-elemen yang mempunyai fungsi bersama untuk mencapai satu tujuan.
  3. Menurut Law (2004) mendefinisikan sistem sebagai sekelompok komponen yang beroperasi secara bersama- sama untuk mencapai tujuan tertentu atau sekumpulan entitas yang bertindak dan berinteraksi bersama-sama untuk memenuhi suatu tujuan akhir yang logis.
  4. Menurut L. James Havery menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
  5. Menurut Aim Abdulkarim (2008) sistem adalah keseluruhan dari beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional, baik antara bagian-bagian maupun hubungan struktural sehingga hubungan tersebut menimbulkan suatu ketergantungan.

Dari beberapa definisi sistem menurut para ahli yang telah saya jelaskan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah sekumpulan atau keseluruhan dari komponen-komponen, elemen-elemen  yang beroperasi secara bersama-sama dan mempunyai hubungan fungsional  untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan secara logis dan rasional.

B. Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk  yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta , suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses trasformasi data menjadi suatu informasi = input – proses – output.

Pengertian informasi menurut beberapa ahli :

  1. Menurut Joner Hsugian informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan tertekam pada sejumlah media.
  2. Menurut Zulkifli Amsyah (2005) informasi adalah data yang sudah diolah kedalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan.
  3. Menurut Hendi Haryadi (2009) informasi dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
  4. Menurut Kenneth C.Laudon  informasi adalah data yang sudah dibentuk kedalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
  5. Menurut Raymond Mcleod (dalam Haryadi, 2009) mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi  bentuk yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan pada saat ini atau pada masa yang akan datang.

Dari beberapa definisi informasi menurut para ahli yang telah saya jelaskan didapat ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah data yang didalamnya terdapat input-proses-output yang meliputi banyak hal serta menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk pengambilan keputusan dan bermanfaat bagi manusia pada masa uang akan datang.

C. Psikologi

Psikologi berasal dari perkataan yunani yaitu “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologis (arti kata) psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya, dengan singkat disebut ilmu jiwa.

Pengertian psikologi menurut beberapa ahli :

1. Menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), psikologi adalah ilmu    yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.

2. Menurut Dakir (1993), Psikologi membahas tingkah laku manusia dalam  hubungannyaqdengan lingkungannya.

3. Menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yangmempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku  individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebgaianya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

4. Menurut Heru Basuki (2008), Psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, dan juga emosional. Hasil uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses-prosen mentalnya.

Dari beberapa definisi menurut para ahli yang telah saya jelaskan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dan proses-proses mentalnya. baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak ataupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.

D. Sistem Informasi

Sebelum saya menjelaskan pengertian sistem informasi psikologi, saya akan menjelaskan sistem informasi dari beberapa tokoh :

1. Menurut Erwan Arbie (2001) sistem informasi adalah sistem didalam

suatuorganisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolaham transaksi    harian, membantu dan mendudkung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatuorganisasi dan membantu mempermudah penyediaaanlaporan yang diperlukan.

2. Menurut O’Brien (2005 sistem informasi adalah suatu kombinasi teratur

Ataupun dari orang, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), computer networks dan data communication (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi didalam suatu bentuk organisasi.

3. Menurut Leitch Rosses (dalam Jugiyanto, 2005) sistem informasi adallah suatu sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak lua tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

4. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe  (dalam jugiyanto, 1999) sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operas, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.

5. Menurut Gordon B. Davis (19991), sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

Berdasarkan uraian penjelasan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan pengertian SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI adalah suatu sistem yang menyediakan  informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dan pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan. Contoh dari sitem informasi psikologi yang berbasis komputer adalah situs theinkblot.com, pada situs ini terdapat penyajian tes Online Rorschach online. Psikologi sendiri berbicara tentang manusia. Jika digabungkan, sistem informasi psikologi mencangkup : Hardware dan Software, people, procedurs, data dan manusia. Hardware dan software sebagai mesin sedangkan prosedur dan manusia sebagai pelaku, dan deata berfungsi sebagai jembatan dari keduanya. Sistem informsi bisa dimanfaatkan oleh pelaku psikologi untuk membantu mereka saat penghitungan skor dalam beberapa tes psikologi.

Sumber :

Arbie, Erwan. Sistem informasi manajemen. (2000). Jakarta: Pustaka Pelajar

Hendi Haryadi.definisi indormasi.(2009).Jakarta : Visimedia.

http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/pengertian-informasi.html diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://www.artikata.com/arti-330712-informasi.html diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://id.wikipedia.org/wiki/sistem diakes pada tanggal 08 oktober 2013.

http://carapedia.com/pengertian_definisi_sistem_menurut _para_ahli_info512.html diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://id.wikipedia.org/wiki/psikologi diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://www.anneahira.com/definisi-psikologi.html diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/ diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

http://id.wikipedia.org/wiki/sisteminformasi diakses pada tanggal 08 oktober 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s