manusia dan kebudayaan

Standar

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

antara manusia dan kebudayaan terjalin hubungan yang sangat erat.Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Terdapat beberapa proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi

Selanjutnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai

1) penganut kebudayaan,

2) pembawa kebudayaan,

3) manipulator kebudayaan, dan

4) pencipta kebudayaan.

pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian. Dalam rangka survive maka manusia harus mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara.

Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku.

Bila kita melihat kebudayaan di Indonesia saat ini, kita sedang mengalami krisis budaya, di mana kita kurang melestarikan, menjaga dan memelihara serta mengembangkan budaya kita sendiri, sehingga saat Negara lain mengakui kebudayaan kita , kita baru tersentak kaget bahwa kita memang sudah selayaknya perlu menjaga dan melestarikan budaya kita sendiri. Dari pengalaman yang sangat berharga kita itu seharusnya lebih menggali potensi budaya kita dan memperkenalkan kepada dunia, bahwa Negara kita memang multibudaya dan menghimbau kepada seluruh perusahaan yang bergerak dibidang entertain, agar cerita yang disajikan perlu mencerminkan budaya kita yang terkenal baik, ramah, dan sopan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s